kisah langkah perjalanan hidup anak manusia..

Saturday, March 18, 2006

pengenalan jaringan internet ITB

setelah mengikuti kaderisasi ARC ITB 11 maret 2006 kemarin, saya ingin membuat resume...

sebelumnya saya ucapkan terimaksih kepada senior saya, saudara Alief Nugraha yang sudah mau berbagi file presentasinya!(hidup OPEN SOURCE!) tentunya disni saya akan berbicara mengenai hal yang generik saja dari jaringan ITB, bukan yang bersifat teknis sekali(karena saya pun belum begitu mengerti teknisnya^^).

ITB memiliki sekitar 4000 client dimana di dalamnya terdapat 65000 pengalamatan komputer atau biasa kita sebut sebagai IP Address.ternyata traffic internet ITB tergolong cukup sibuk, dalam satu hari saja traffik HTTP(Hyper Text Transport Protocol) yang dilakukan lebih dari 30GB, kemudian tidak kurang dari 1 juta email per hari monda-mandir di jaringan ini. belum lagi traffik internal lain yang jarang diperhitungkan, seperti FTP(File Transfer Protocol)yang biasa kita pake untuk tuker-tukeran anime dan mp3 yang bergiga-giga besarnya! paling tidak, minimal ketiga layanan inilah (HTTP, email, dan FTP) yang di sediakan oleh itb untuk para warganya.

kalo warnet-warnet suka pada nyombong pake koneksi 256Kbps, ITB dengan segala kerendan hati mengungkapkan bahwa kita menggunakan koneksi 9Mbps lewat AIII (Asian Internet Interconnection Initiatives), 2Mbps lewat Jalawave, dan 768Kbps lewat Indosat. jadi kalo ditotalkan itb memiliki lebar data untuk internet sebesar 11.768Mbit/s = 46 kali kecepatan warnet diatas! fiuhh..cepat sekali! kebayang kalo koneksinya dipake buat sendirian, bingung kan mau ngapain?^^

kedepannya ada rencana itb akan bergabung dengan TIEN2 (The second generation of the Trans-Eurasia Information Network) dan ini akan menambah bandwith itb sebesar 45MBps (wow...), tapi... TIEN2 ini hanya memiliki 20 IP tabble yang boleh diakses untuk tujuan riset! jadi jangan harap deh friendster kalian bakalan kebuka secepat kilat, karena ga mungkin ada di IP tabble-nya mereka^^.CMIIW!

"eh...trus apa dong AI3 yang biasa kita pake?" AI3 tuh adalah salah satu bentuk kerjasama negara-negara di asia dalam mengembangkan teknologi terdepan! pusatnya ada di jepang. makannya kalo kita buka google, sering kebuka google.co.jp karena IP address kita dikenali sebagai IP address jepang.(CMIIW) layanan AI3 ini terbuka gratiss bagi seluruh mahasiswa ITB, adapun biaya 10rebu yang biasa dipungut itu untuk biaya pengelolaan jaringan. karena tujuan awal dari AI3 ini adalah mulia, untuk tujuan riset, pendidikan, kemjuan teknologi, bla-bla-bla.... maka dibuatlah policy HTTP ITB, yang dijaga oleh bang cumi!(besal dari nama squid proxy) makannya jangan coba akses yang aneh-aneh dari kampus yah!^^ kalo ga ntar bang cumi langsung beraksi...

segitu aja dulu, terimakasih uda mau baca tulisan ini! kalo ada yang salah mohon dikoreksi, silahkan kirim email ke nurixx@gmail.com! thx.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home