kisah langkah perjalanan hidup anak manusia..

Wednesday, March 29, 2006

Ayoooo pake linux!

Hai kawan-kawan? Pakabar nih? Baik?... oke, sekarang saya mau sedikit berbagi pengalaman!

Jadi begini ceritanya, berhubung komputer desktop dirumah saya sudah tergolong tua (Athlon XP 1600+, K7S5A, ATI Radeon 8500), jadi dia suka ngadat! Berabenya lagi ngadatnya pas saya harus menyelesaikan tugas! Wahhh.... gawat sekali!!! seketika saya putus asa, saya sudah coba utak-atik mulai dari sofwarenya (saya mencoba me-repair windows XP yang saya gunakan) sampai hardwarenya! Tetep aja tuh kompie gagal booting ke windows! “Cring!....” Tiba-tiba muncul ide buat booting ke FreeBSD yang pernah saya install, ternyata proses booting dilalui dengan mulus... setelah selesai booting saya mencoba masuk ke desktop manager fluxbox, dan ternyata berhasil juga! Bahkan saya sempat menonton anime FF VII Advent Children untuk beberapa jam (tentu uda beres tugasnya)^^! saya masih penasaran, akhirnya saya mencoba booting ke windows lagi! Berkali-kalipun saya mencoba tetap gagal!

Dugaan awal saya, memang windowsnya yang rusak... akhirnya saya install ulang tuh WinXP! Eh berhasil ternyata masuk windows lagi.... tapi cuman bertahan untuk beberapa menit (sekitar 30')! kompie ku langsung nge-hang lagi! Setelah merasa amat sangat putus asa banget! Akhirnya saya putuskan untuk tidak memakai windows lagi sampai saya beli kompie baru!^^ Sampai saat ini saya mengerjakan keperluan sehari-hari di Slackware Linux 10.2.

Ternyata bekerja di Linux atau FreeBSD sama menyenangkannya seperti di windows. Gak rumit-rumit amat kok! Dan untungnya lagi, sistem lebih stabil berjalan di linux/BSD dibandingkan ketika berjalan di windows! Terbukti kan, komputer tua ku yang sudah berusia hampir 4 tahun ini masih mau diajak berlari menggunakan OS UNIX-like! Say bubbye to windows... hiks....hiks...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home