kisah langkah perjalanan hidup anak manusia..

Saturday, April 22, 2006

belajar install FreeBSD


whew....

pertama kali dikasih CD OS(Operating System) berlogo setan ini sama ARC (Amateur Radio Club) ITB, langsung penasaran pengen install!! pas nyoba- nyoba install... ternyata OS yang satu ini mempunyai banyak sekali keunikan! begitu lo boot dari CD-nya pasti bakalan langsung menyebutkan maskot dari OS ini...^^ hehe..

udah muncul banyak tulisan yang gak jelas.. bingung lagi harus mulai dari mana?? yang muncul malahan console, kayak mau nge-cheat CS aja!^^ Tapi, tenang.. sabar dulu mas...

yahh... memang begitulah keadaannya! OS ini sedikit lebih rumit untuk di install! tapi kalau ada sedikit kemauan dan usaha, pasti bisa kok! kalo ga bisa tanya aja ke sekre ARC!^^ gw juga gitu kok^^... kalo mau nanya ma gw juga bisa, mudah-mudahan bisa membantu!..

buat yang uda pernah intsall OS kayak windows, gw jamin lo bakalan dapet masalah nge-install OS yang satu ini!^^... (makannya jangan kenanyakan pake windows!! kali-kali coba pake linux ato BSD!^^) kenapa?.. karena proses instalasi FreeBSD ga otomatis kayak instalasi windows... (biasa sih OS yang keren tuh ya kayak gini!^^), instalasinya pun ga seindah instalasi windows... proses instalasi FreeBSD berjalan di Shell (semacam Command Prompt di windows)!

Proses instalasinya mirip banget ma OS kesukaan gw (linux slackware 10.2 red.) pertama lo bakalan ditanya-tanya tentang keyboad yang lo pakai, dll.. pokoknya kalo komputer lo standar.. pijit 'enter' aja!^^ uda gitu, lo harus login sebagai root (administrator)! kalo uda selese lo bakalan masuk ke setup-nya FreeBSD yang khas banget!^^

selanjutnya lo harus membuat partisi khusus FreeBSD pake program yang namanya 'fdisk', HATI-HATI jangan buat kesalahan! sedikit aja lo salah bikin partisi, data-data lo bisa raib semua tuh!... (seremm!!...) be carefull! sedikit ngasih tau aja, partisi A5/A6 yang digunakan FreeBSD ga bakalan mau kalau sebagai logical atau extended partition tapi dia harus sebagai primary partition! ga ngerti kan???? tenang aja... penjelasannya simpel ko! anggaplah bahwa primary partition ini mirip dengan drive C-nya windows.. sedangkan logical partition adalah drive D, E, dan selanjutnya... lo bisa pake tool 'partition magic 8.0' di windows untuk membuat satu lagi primary partition! pada dasarnya BSD membutuhkan minimal 2 partisi, satu untuk file system (/), satu lagi untuk SWAP (semacam virtual memory kalo di windows) makannya lo wajib bikin 2 partisi itu!^^

setelah partisi jadi, lo bakan di suruh nge-install Boot Manager-nya FreeBSD, sebaiknya sih Install aja! kalo gak , bakanlan perlu disket bwt ngeload FreeBSD! klo yang ini gampang kok!

proses selanjutnya, adalah memilih paket yang harus di install... kalo ga mau susah, pilih aja yang di rekomendasikan sama FreeBSD. tapi kalo lo newbie.. jangan sampe lewatkan paket X-server dan Gnome! tapi kalo gw sih ga install Gnome, gw lebih suka pake fluxbox yang ringan dan ga ngabisin harddisk! (soalnya harddisk ku terbatas kapasitasnya^^)

kalo semua paket uda dipilih, baru proses instalasi dari cd akan berjalan otomatis! setelah proses instalasi selesai, akan ditanya settingan dari network, mouse, bla bla bla... sampe services yang mau di load saat FreeBSD start! kalo lo udah selese tinggal 'exit install' deh... trus teken Ctrl+Alt+Del! horee!!!.... FreeBSD yang keren Banget ini telah terinstall!... Mari kita belajar bersama!

sebagai informasi aja, situs resmi dari OS ini adalah www.freebsd.org kalo yang mau donlot cdnya.. ada di ftp ITB juga : ftp.itb.ac.id . iformasi lebih lanjut googling aja!

buat kaka-kaka yang udah lebih jago, bahasa yang digunakan diusahakan semudah mungkin, mohon maaf jika tidak memuaskandan,dan jika ada istilah yang salah pengertiannya..sekali lagi maaf! mohon saran dan kritiknya!.. bwat kamu-kamu yang lagi belajar!(sama kayak aku!), ayo jangan takut coba OS yang satu ini! dijamin seru kok! kalo punya masalah email aja ke ikhsan@arc.itb.ac.id, ato tanya sama mas-mas kru ARC ITB yang jauh lebih profesional... semoga artikel ini sedikit membantu! thx!

22 april 2006

0 Comments:

Post a Comment

<< Home