kisah langkah perjalanan hidup anak manusia..

Saturday, April 22, 2006

resume pelatihan 6 "unix dan open source"

sistem unix pertama kali dikembangkan oleh bell laboratory. sistem unix ini ditulis dengan bahasa C. awal dari sistem operasi unix ini adalah tahun 1970. unix pertama kali digunakan untuk text editing di departemen patent bell-labs. sistem unix ini sudah banyak berkembang, sekarang menjadi operating sistem yang kita kenal seperti FreeBSD, OpenBSD, NetBSD. Linux juga bisa disebut sebagai operating sistem unix like, namun bedanya dia tidak menggunakan source code dari 4.4BSD lite, melainkan seluruh source code ditulis ulang oleh Linus Trovalds. lisensi pada linux adalah lisensi GNU GPL, bila dibandingkan dengan lisensi BSD lisensi GNU GPL memiliki beberapa restriksi terhadap source code, dengan kata lain lisensi BSD lebih bebas daripada lisensi GNU GPL.

unix merupakan basis dari berbagai operating sistem yang ada sekarang. penggunaan unix sangat luas, mulai dari komputer server, router, ATM, Desktop, sampai Hollywood. sebagai informasi saja, industri perfilman ternyata menggunakan operating sistem unix like untuk kebutuhan digital imaging mereka. film-film yang penuh efek 3d di proses menggunakan OS unix. kenapa unix? karena unix lebih mudah di kostumisasi sesuai kebutuhan. lalu siapa yang menggunakan unix? banyak sekali yang menggunakan unix untuk berbagai kebutuhan, dari mulai network engineer sampai seorang artis. banyak sekali keuntungan menggunakan unix, selain open source.

Yang membedakan UNIX dan Windows:
1. UNIX adalah OS berbasis Jaringan(Network Based)
2. UNIX lebih mengutamakan text data file sehingga readable
3. Files Security Level
4. Satbility
5. pada unix semua adalah files

pengertian OS
operating sistem dapat diartikan sebagai penegah antara hardware dan usernya. dimana operating sistem pada unix terdiri dari shell dan kernel. shell berinteraksi dengan user dan kernel-lah yang mengakses hardware.





















manajemen file


















Semua hal (bisa periferal , software, hardware, devices) dapat dikategorikan dalam FILES di sistem UNIX. Dimana setiap file mempunyai permission dan properties yang berbeda-beda, juga fitur yang berbeda pula. Yang paling penting diperhatikan adalah masalah Permissions File.

manajemen user
Setiap user mempunyai unique ID yang berbeda satu dan lainnya. User juga mempunyai group dengan ID yang berbeda pula. Dan satu user bisa jadi member dari banyak group.

Dalam unix ada istilah ROOT. ROOT/SUPERUSER adalah Dewa yang memegang kuasa penuh atas berbagai konfigurasi utama sistem UNIX.


open source
open source dapat diartikan sebagai software yang:
1. Source codenya tersedia sampai ke pengguna akhir(end user).
2. Source codenya bebas dimodifikasi oleh end user.
3. Tidak ada batasan masalah redistribusi.

kelebihan open source:
1. gratis
2. terbuka, semua orang bisa tahu source codenya
3. dikelola oleh komunitas, sehingga perbaikan terhadap bug software dapat cepat dilakukan

Free Software adalah free dari sisi kebebasan dan aksesibilitas, namun belum tentu bebas dari sisi harga. contohnya dalam memperoleh operating sistem linux bisa saja kita mengeluarkan uang, diantaranya kita harus membeli cd.

manfaat open source:
1. mengenal sistem lebih dalam
2. software bisa dikustomisasi sesuai keinginan
3. bisa sambil belajar
4. Hemat

0 Comments:

Post a Comment

<< Home